Hipnoterapi Untuk Depresi

27 Juli 2019   info

Hipnoterapi Untuk Depresi

Hipnoterapi Untuk Depresi - Depresi ialah kondisi emosional yang  bersifat negatif yang di dalamnya terdapat perasaan sakit hati, sedih, tidak berharga, dan kekosongan yang didalamnya juga terdapat perasaan tidak ada motivasi dan energi.

Terjadinya depresi biasanya karena pola pikir kita yang selalu negatif. Kita selalu beranggapan bahwa apa yang kita lakukan dan semua masalah yang kita hadapi tidak disukai orang lain. Pikiran seperti ini yang disebut dengan pikiran negatif. Memang ada orang yang mempunyai sifat seperti ini, mereka selalu minder dan tidak percaya diri ketika berhadapan dan bicara dengan orang lain dan mereka biasanya tidak menyadari apa penyebab dari semua ini.

hipnoterapi untuk depresi

Depresi terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

  1. Depresi mayor (depresi berat)

Depresi mayor biasa dikenal dengan istilah depresi berat atau depresi klinis. Depresi mayor merupakan depresi yang paling sering terdiagnosis. Anda bisa dikatakan depresi mayor apabila gejala - gejala kesedihan, kesepian, dan keputusasaan berlangsung selama dua minggu lebih.

Gejala depresi mayor pada umumnya cukup serius sehingga efeknya sangat terasa pada kehidupan seseorang. Misalnya, anda jadi tidak nafsu makan sama sekali, badan lemas sehingga tidak ada dorongan untuk bekerja atau beraktivitas seperti biasa, serta menghindari orang-orang seperti di tempat kerja atau dalam keluarga.

Sampai saat ini penyebab dari depresi mayor belum dapat diketahui. Namun, beberapa hal yang bisa memicu depresi antara lain keturunan (genetik), pengalaman buruk, trauma psikologis, serta gangguan susunan kimiawi dan biologis otak.

Baca juga : hipnoterapi untuk anak

  1. Depresi kronis (distimia)

Jenis depresi yang juga paling sering terdiagnosis adalah depresi kronis. Beda dengan depresi mayor/berat, jenis depresi ini biasanya dialami selama dua tahun berturut-turut atau lebih. Akan tetapi, keparahan gejalanya bisa lebih ringan atau berat daripada depresi mayor.

Depresi kronis umumnya tidak terlalu mengganggu pola aktivitas kehidupan, tapi cenderung berpengaruh pada kualitas kehidupan. Misalnya menjadi tidak percaya diri, pikiran terganggu, sulit untuk konsentrasi, dan mudah putus asa.

Pemicu kemunculan depresi kronis ada banyak, mulai dari faktor keturunan, gangguan kesehatan jiwa lainnya seperti kecemasan, mengalami trauma, memiliki penyakit kronis, dan cedera fisik di kepala.

  1. Depresi situasional

Depresi situasional merupakan jenis depresi yang tidak begitu menentu. Biasanya, depresi situasional ini ditandai dengan gejala – gejala yang seperti merasa murung dan adanya perubahan pola tidur dan makan pada saat ada kejadian yang membuat tekanan mental yang cukup tinggi.

Munculnya gejala depresi tersebut disebabkan karena respon otak terhadap stres. Pemicu depresi situasional  biasanya berbeda-beda. Bisa dari kejadian yang bersifat positif, seperti pernikahan atau menyesuaikan tempat kerja yang baru hingga kehilangan pekerjaan, perceraian, atau perpisahan dengan keluarga dekat.

  1. Depresi postpartum

Depresi postpartum biasanya terjadi pada wanita melahikan setelah beberapa minggu atau bulan. Munculnya gejala depresi berat pada masa postpartum bisa berpengaruh pada kesehatan serta ikatan batin antara ibu dan bayi.

Depresi postpartum ini bisa bertahan cukup lama, biasanya sampai ibu sudah haid lagi setelah melahirkan. Penyebab utama dari depresi postpartum ini adalah perubahan hormon, di mana hormon estrogen dan progesteron yang tadinya cukup tinggi pada masa kehamilan menurun secara drastis setelah melahirkan.

Pada saat orang melakukan hipnoterapi untuk menghilangkan depresi, maka seseorang tersebut akan lebih terbuka untuk menceritakan masalahnya. Seorang terapis akan memasukan pikiran positif kedalam pikiran kliennya, sehingga seseorang yang di terapi akan lebih tenang dan nyaman saat terapi dan setelah terapi. Kegunaan hipnoterapi untuk depresi ini akan membuat seseorang depresi akan merasa lebih baik dan lebih percaya diri lagi karna uda ditanamkan pikiran positif.

Demikian penjelasan mengenai Hipnoterapi Untuk Depresi, Semoga artikel ini bermanfaat ya!