Hipnoterapi Untuk Trauma

31 Juli 2019   info

Hipnoterapi Untuk Trauma

Hipnoterapi Untuk Trauma - Trauma adalah hal yang sering dikaitkan dengan tekanan emosional dan psikologis yang besar, biasanya karena kejadian yang sangat disayangkan atau pengalaman yang berkaitan dengan kekerasan.

Setiap orang tentu memiliki pengalaman buruk di dalam hidupnya. Beberapa diantaranya bersifat traumatis hingga sulit dilupakan. Hal ini dapat memicu gangguan psikologis. Artikel kali ini hipnoterapi medan akan membahas tentang trauma dan cara menghilangkan trauma.

Salah satu bahaya terbesar dari trauma ialah trauma tidak selalu menyebabkan gejala yang terlihat. Bisa saja seseorang terlihat baik-baik saja dari luar tapi sebenarnya ia sudah mengalami pendarahan atau kerusakan organ di dalam tubuh.

Orang yang memiliki trauma besar biasanya kehidupannya tidak akan nyaman dan penuh beban. Jika tidak disembuhkan atau diterapi, trauma dapat mengubah pola pikir dan perilaku menjadi negatif. Mengatasi trauma bukan merupakan hal mudah dan harus membutuhkan komitmen yang sungguh-sungguh dari pasien.

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyembuhkan trauma adalah hipnoterapi.

hipnoterapi untuk trauma

Hipnoterapi, sesuai namanya, terdiri atas dua kata, “hipnosis” dan “terapi”. Saya mendefinisikan hipnoterapi sebagai terapi, bisa menggunakan teknik apa saja, yang dilakukan dalam kondisi hipnosis. Berdasarkan definisi ini maka muncul sangat banyak varian hipnoterapi bergantung dengan teknik yang digunakan.

Hypnosis sangat berguna dalam mengatasi beragam kasus berkenaan dengan trauma, kecemasan, ketegangan, depresi, phobia dan dapat membantu untuk menghilangkan kebiasaan buruk seperti ketergantungan pada rokok, alkohol dan obat-obatan dan lainnya. Dengan memberi sugesti positif, seorang terapis dapat membangun berbagai kondisi emosional positif berkenaan dengan masalah yang ada.

Hipnoterapi dapat dilakukan tanpa menggunakan obat-obatan.Sehingga tidak perlu takut untuk meminum obat-obattan. Namun perlu diingat bahwa keberhasilan hipnoterapi sangat ditentukan oleh kerja sama antara pasien dan terapisnya.

Hipnoterapis bertanggung jawab untuk melakukan hipnosis, mencari akar trauma psikologis, dan menetralkan atau mengubah persepsi seseorang terhadap suatu kejadian traumatis yang menyebabkan masalah perilaku.

Saat memasuki situasi hipnotis, Anda akan diminta untuk fokus pada saat-saat anda merasa cemas. Anda akan diminta untuk fokus pada sensasi fisik sambil memikirkan pemicu kecemasan anda. Begitu Anda mengenali sensasi ini, hipnoterapis akan mengucapkan kata-kata yang menenangkan sekaligus memberikan saran terbaik untuk anda. Teknik inilah yang dikenal dengan penanaman sugesti.

Reaksi negatif seperti trauma dan fobia ini merupakan contoh adanya mental block dalam diri seseorang. Mental block ini yang akan menghambat pikiran bawah sadar, serta mengeksekusi apa yang sudah dilakukan pikiran sadar. Pikiran sadar sendiri bertugas berpikir rasional dengan melakukan analisis, perencanaan cermat, mengerahkan kemauan, dan membuat keputusan.

baca juga : Hipnoterapi untuk anak

Berikut beberapa ciri – ciri orang mengalami trauma yaitu :

  1. Teringat kembali dengan peristiwa traumatik atau flasback. Seseorang yang mengalami trauma dapat dengan mudah mengingat kembali peristiwa traumatik dan bersikap seolah-olah mengalaminya kembali.
  2. Menghindari hal-hal yang berhubungan atau mengingatkan kembali dengan peristiwa traumatik. Penghindaran ini justru akan semakin membuat penderita menutup diri dari lingkungannya.
  3. Melampiaskan perasaan pada hal-hal yang bersifat negatif seperti mengonsumsi obat penenang, obat tidur, alkohol dan rokok sebagai upaya untuk mengalihkan ingatan dan perasaan traumatik.
  4. Memicu munculnya reaksi fisik seperti susah tidur/insomnia, sulit konsentrasi.
  5. Muncul perasaan bersalah dan meyakini bahwa diri sendiri pantas untuk disalahkan setelah terjadinya perisitiwa traumatik.

Hipnotherapi telah terbukti memiliki beragam kegunaan, serta untuk mengatasi berbagai permasalahan yang menyangkut dengan prilaku dan emosi.

Demikian penjelasan mengenai Hipnoterapi Untuk Trauma, Semoga artikel ini bermanfaat ya!